Kompetensi Keahlian
Tujuan Program Keahlian Seni Tari
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten.
- Menjadi penari tingkat madya.
- Menjadi penata tari tingkat madya.
- Menjadi perias dan tata busana.
- Menjadi pengelola produksi tari
- Menjadi pelatih tari.
SMK Negeri 1 Kasihan adalah sekolah menengah dengan Bidang Keahlian Seni Dan Industri Kreatif dan Memiliki 4 program keahlian yaitu Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Pedalangan dan Pemeranan
Pada SMK/MAK, Mata Pelajaran Kelompok Peminatan (C) terdiri atas:
a. Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian (C1);
b. Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian (C2);
c. Kelompok Mata Pelajaran Paket Keahlian (C3).
STRUKTUR KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TAHUN 2019/2020
SMK NEGERI 1 KASIHAN
BIDANG KEAHLIAN : SENI DAN INDUSTRI KREATIF
PROGRAM KEAHLIAN : SENI TARI
KOMPETENSI KEAHLIAN : SENI TARI
KELAS X
MATA PELAJARAN |
KELAS X |
|||||
STRUKTUR |
RINCIAN |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
A. MUATAN NASIONAL |
||||||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
PAG |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
PPK |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
BIN |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
Matematika |
MTK |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
SIN |
3 |
3 |
3 |
3 |
6 |
Bahasa Inggris |
BIG |
3 |
3 |
3 |
3 |
B. MUATAN KEWILAYAHAN |
||||||
7 |
Seni Budaya |
SBD |
3 |
3 |
3 |
3 |
8 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
PJOK |
2 |
2 |
2 |
2 |
9 |
Bahasa Daerah |
BDR |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah A dan B |
26 |
26 |
26 |
26 |
||
C. MUATAN PEMINATAN KEJURUAN |
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
||||||
1 |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
SKD |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Tinjauan Seni |
TSN |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Dasar-Dasar Kreatifitas |
DDK |
2 |
2 |
2 |
2 |
C2. Dasar Program Keahlian |
||||||
1 |
Olah Tubuh (OTB) |
OTB |
3 |
3 |
3 |
3 |
|
a. OTB-1 (Olah Tubuh) |
OTB 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. OTB-2 (Tari Yogya Alus) |
OTB 2 |
|
|
1 |
1 |
2 |
Gerak Dasar Tari (GDT) |
|
8 |
8 |
8 |
8 |
|
a. GDT-1 (Tari Yogya Alus) |
GDT 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. GDT-2 (Tari Yogya Putri) |
GDT 2 |
|
|
3 |
3 |
|
c. GDT-3 (Tari Yogya Gagah) |
GDT 3 |
|
|
3 |
3 |
3 |
Iringan Tari (IRTA) |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
|
a. IRTA-1 (Iringan Tari) |
IRTA 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. IRTA-2 (Rias dan Busana) |
IRTA 2 |
|
|
2 |
2 |
Jumlah C1, C2 dan C3 |
22 |
22 |
22 |
22 |
||
TOTAL |
48 |
48 |
48 |
48 |
KELAS XI
MATA PELAJARAN |
KELAS XI |
|||||
STRUKTUR |
RINCIAN |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
A. MUATAN NASIONAL |
||||||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
PAG |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
PPK |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
BIN |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
Matematika |
MTK |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
SIN |
- |
- |
- |
- |
6 |
Bahasa Inggris |
BIG |
3 |
3 |
3 |
3 |
B. MUATAN KEWILAYAHAN |
||||||
7 |
Seni Budaya |
SBD |
- |
- |
- |
- |
8 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
PJOK |
2 |
2 |
2 |
2 |
9 |
Bahasa Daerah |
BDR |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah A dan B |
19 |
19 |
19 |
19 |
||
C. MUATAN PEMINATAN KEJURUAN |
||||||
C3. Kompetensi Keahlian |
||||||
1 |
Tata Rias dan Tata Busana Tari |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
|
a. TRB-1 (Rias dan Busana) |
TRB 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. TRB-2 (Tata Teknik Pentas) |
TRB 2 |
|
|
2 |
2 |
2 |
Tari Tradisi (TTD) |
|
12 |
12 |
12 |
12 |
|
a. TTD-1 (Tari Yogya Alus) |
TTD 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. TTD-2 (Tari Yogya Putri) |
TTD 2 |
|
|
4 |
4 |
|
c. TTD-3 (Tari Yogya Gagah) |
TTD 3 |
|
|
4 |
4 |
3 |
Tari Daerah Lain (TDL) |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
|
a. TDL-1 (Tari Bali) |
TDL 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. TDL-2 (Tari Surakarta) |
TDL 2 |
|
|
2 |
2 |
4 |
GarapTari (GRT) |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
|
a. GRT-1 (Koreografi) |
GRT 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. GRT-2 (Iringan Tari) |
GRT 2 |
|
|
2 |
2 |
5 |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
|
a. PKK-1 (Kewirausahaan) |
PKK 1 |
|
|
3 |
3 |
|
b. PKK-2 (Managemen Produksi) |
PKK 2 |
|
|
2 |
2 |
|
c. PKK-3 (Vokal Daerah) |
PKK 3 |
|
|
2 |
2 |
Jumlah C3 |
31 |
31 |
31 |
31 |
||
TOTAL |
50 |
50 |
50 |
50 |
KELAS XII
MATA PELAJARAN |
KELAS XII |
|||||
STRUKTUR |
RINCIAN |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
A. MUATAN NASIONAL |
||||||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
PAG |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
PPK |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
BIN |
2 |
2 |
2 |
2 |
4 |
Matematika |
MTK |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
SIN |
- |
- |
- |
- |
6 |
Bahasa Inggris |
BIG |
4 |
4 |
4 |
4 |
B. MUATAN KEWILAYAHAN |
||||||
7 |
Seni Budaya |
SBD |
- |
- |
- |
- |
8 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
PJOK |
- |
- |
- |
- |
9 |
Bahasa Daerah |
BDR |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah A dan B |
17 |
17 |
17 |
17 |
||
C. MUATAN PEMINATAN KEJURUAN |
||||||
C3. Kompetensi Keahlian |
||||||
1 |
Tata Rias dan Tata Busana Tari |
|
2 |
2 |
2 |
2 |
|
a. TRB (Rias dan Busana) |
TRB |
|
|
2 |
2 |
2 |
Tari Tradisi (TTD) |
|
15 |
15 |
15 |
15 |
|
a. TTD-1 (Tari Yogya Alus) |
TTD 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. TTD-2 (Tari Yogya Putri) |
TTD 2 |
|
|
4 |
4 |
|
c. TTD-3 (Tari Yogya Gagah) |
TTD 3 |
|
|
4 |
4 |
|
d. TTD-4 (Iringan Tari) |
TTD 4 |
|
|
2 |
2 |
|
e. TTD-5 (Teori Kejuruan) |
TTD 5 |
|
|
1 |
1 |
3 |
GarapTari (GRT) |
|
8 |
8 |
8 |
8 |
|
a. GRT (Pementasan) |
GRT |
|
|
8 |
8 |
4 |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) |
|
8 |
8 |
8 |
8 |
|
a. PKK-1 (Kewirausahaan) |
PKK 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. PKK-2 (Iringan Tari) |
PKK 2 |
|
|
6 |
6 |
Jumlah C3 |
33 |
33 |
33 |
33 |
||
TOTAL |
50 |
50 |
50 |
50 |